Katapublik Labuhanbatu, Tuduhan yang dialamatkan kepada Kepala Dusun (Kadus Simpang Sawit), Oteli Halawa, baru-baru ini telah menimbulkan perhatian dengan adanya pemberitaan. Sehingga, Pihak terkait bersama masyarakat memberikan klarifikasi untuk meluruskan pemberitaan yang berkembang dengan tujuan ingin menjatuhkan Kadus Simpang Sawit Oteli Halawa, sekaligus menyampaikan fakta berdasarkan pengalaman dan data yang ada.
Menanggapi tuduhan yang beredar, Oteli Halawa tampak lapang dada dan legowo. Kepada media katapublik, Oteli menyatakan dengan tegas, bahwa semua tuduhan tersebut tidak benar dan telah dibantah oleh mayoritas masyarakat Dusun Simpang Sawit. Sabtu, (25/01/2024).
Ia menyatakan, bahwa selama menjabat, ia selalu berkomitmen untuk menjalankan tugasnya dengan transparansi dan tanggung jawab. Semua keputusan yang diambil telah melibatkan masyarakat dan dilakukan secara terbuka, sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Oteli Halawa juga menegaskan, bahwa tidak pernah ada pungutan liar dalam proses pembagian bantuan, termasuk pada program bantuan beras Bulog.
“Semua bantuan diberikan tanpa biaya tambahan, sesuai dengan ketentuan resmi. Ia mengajak seluruh pihak untuk menyelesaikan persoalan ini secara musyawarah dengan mengedepankan fakta dan bukti yang jelas, serta menjaga kedamaian dan keharmonisan di desa dan Lingkunganya”, ungkap Kadus.
Masyarakat juga angkat bicara untuk meluruskan dan Klarifikasi dan bahkan dukungan Masyarakat kepada Kadus, bahwa semua itu tidak benar adanya. Masyarakat Simapang Sawit dan sekitar nya, desa Bandar Tinggi juga telah membuat pernyataan terhadap apa yang dituduhkan terhadap Kadus.
“Kepala Dusun Oteli Halawa telah menjalankan tugasnya dengan baik, transparan, dan bertanggung jawab”, ungkap Masyarakat sekitar.
Terhadap tuduhan dan fitnah, itu merupakan tidak benar adanya, dan bersifat mengada-ngada dengan tujuan ingin menjatuhkan Kadus karena adanya kepentingan personal secara pribadi yang tidak suka dengan Kadus Simpang Sawit, Oteli Halawa.
“Kami Masyarakat Desa Bandar Tinggi mengimbau agar tuduhan-tuduhan yang beredar segera dihentikan, karena mayoritas warga telah memberikan dukungan penuh kepada Kepala Dusun Oteli Halawa. Mereka berharap agar semua pihak menjaga hubungan yang harmonis dan mengutamakan musyawarah untuk menyelesaikan permasalahan ini dan tidak saling menjatuhkan. Masyarakat juga mengharapkan agar setiap langkah yang diambil tetap berlandaskan pada fakta yang objektif dan tidak merugikan pihak manapun apalagi menyudutkan pihak lain.
“Dengan kesabaran Pak Kadus atas musibah ini, membuat kedewasan sebagai pemimpin yang berintegritas dan kapabilitas yang dibanggakan masyarakatnya. Klarifikasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada semua pihak”, ungkap Warga memberi dukungan.
Adapun Dasar Dukungan Masyarakat Meliputi:
1. Kepala Dusun selalu menyampaikan hasil musyawarah desa kepada masyarakat secara terbuka.
2. Kepala Dusun melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan terkait pembangunan desa dan program pemerintah.
3. Pelaksanaan tugas dilakukan tanpa diskriminasi dan selalu bersikap terbuka terhadap kritik serta masukan dari warga.
4. Pengelolaan dana desa dilakukan secara transparan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
5. Kepala Dusun menjaga nilai-nilai moral, etika, adat, dan hukum dalam setiap langkahnya.
6. Kepala Dusun tidak pernah melakukan pungutan liar (pungli) seperti yang dituduhkan, termasuk dalam proses pembagian kupon atau barcode program bantuan beras Bulog. Masyarakat menegaskan bahwa segala bantuan diberikan tanpa biaya tambahan, sesuai dengan prosedur resmi yang berlaku.
Sebagai bukti dukungan, masyarakat telah melampirkan tanda tangan, sidik jari, dan foto mereka dalam dokumen pernyataan resmi.